Sejarah – SMK Wicaksana Al-Hikmah
 

Sejarah

SMK Wicaksana Al Hikmah didirikan tanggal 18 Mei 2010 oleh Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Al Hikmah 2 dibawah naungan KH. Masruri Abdul Mughni, dengan maksud sebagai pengembangan pendidikan sebagai salah satu bentuk perwujudan kebudayaan manusia yang dinamis dan sarat perkembangan, karena itu perubahan dan perkembangan pendidikan adalah hal yang memang seharusnya terjadi sejalan dengan perubahan budaya kehidupan. Perubahan dalam arti perbaikan pendidikan perlu terus menerus dilakukan sebagai antisipasi kepentingan masa depan. Pemikiran ini mengandung konsekuensi bahwa penyempurnaan atau perbaikan pendidikan di SMK Wicaksana Al Hikmah Sirampog untuk mengantisipasi kebutuhan dan tantangan masa depan perlu terus menerus dilakukan, diselaraskan dengan perkembangan kebutuhan dunia usaha/dunia industri, perkembangan dunia kerja, serta perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

SMK Wicaksana Al Hikmah Sirampog berupaya agar proses pembelajaran dapat menyentuh atau mengembangkan kemampuan adaptasi peserta didik sehingga bisa diserap di lapangan kerja. Kondisi itulah yang menjadi alasan SMK Wicaksana Al Hikmah Sirampog menampilkan kompetensi sesuai tuntutan pasar kerja, Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKN), serta kebutuhan pembekalan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Sebagaimana Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2006 tentang Standar Nasional Pendidikan bahwa Tujuan Pendidikan Menengah Kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Maka SMK Wicaksana Al Hikmah berperan serta dalam menyiapkan tenaga profesional dalam bidang farmasi dan keperawatan yang diharapkan dapat menjadi asisten apoteker dan keperawatan yang berakhlakul Islami.

SMK Wicaksana telah terdaftar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes dengan Surat Penetapan Persetujuan Pendirian Bidang Studi/Program Studi / Kopetensi Keahlian Sekolah menengah kejuruan (SMK) Swasta Nomor : 421.5 / 0143 / 2010, dengan kompetensi keahlian :

  1. Kompetensi Keahlian : Farmasi (terakreditasi B)
  2. Kompetensi Keahlian : Perawat Kesehatan (terakreditasi B)

Pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan bagian dari pembangunan nasional terpadu dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga terwujud bangsa dan negara yang maju, sejahtera lahir dan bathin.

Penyelenggaraan pembangunan nasional berwawasan kesehatan dan pembangunan kesehatan memerlukan berbagai jenis tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan profesional sebagai pelaksana upaya kesehatan.

SMK Wicaksana Alhikmah berdiri dibawah naungan Yayasan Pendidikan Pondok Pesantren Alhikmah 2 berupaya berpartisipasi aktif dalam Visi Indonesia Sehat 2010 dengan menyiapkan tenaga kesehatan profesional untuk mensukseskan Visi Indonesia Sehat 2010 dengan membuka program keahlian Farmasi dan Keperawatan.

Seiring berjalanya waktu. pada tahun pelajaran 2014/2015 Smk Wicaksana Al Hikmah Kini Menambah 2 Prodi baru Yaitu:

> TKJ (Teknik Komputer Dan Jaringan)

> ATPH (Agribisnis Tanaman Pangan Dan Holtikultura)

Guna Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri Komputerisasi Dan Menciptakan Generasi Maju yang mempuni Di Bidang IT dan Menciptakan Generasi Produktif Sektor Pertanian Dimana sektor ini belum serius digarap di negri yang subur dan makmur ini.Diharapkan Dengan adanya 4 Program Studi di SMK Wicaksana Alhikmah yaitu:

  1. Farmasi
  2. Keperawatan
  3. TKJ
  4. ATPH

Hal ini Saling berkesinambungan untuk menciptakan generasi muda yg kreatif&inovative di segala bidang.